Senin, 13 Desember 2010

Rangkaian Flip Flop Led

   Rangkaian Flip Flop adalah rangkaian yang menghasilkan efek alternate atau on secara bergantian pada output nya. Rangkaian Flip Flop ini dibagi menjadi dua macam yaitu Flip Flop analog dan digital. Perbedaan dari kedua jenis Flip Flop tersebut adalah komponen penyusunannya, Flip Flop Digital tersusun atas gerbang gerbang logika. Sedangkan Flip Flop Analog tersusun atas komponen komponen analog . Komponen komponen analog tersebut adalah sebagai berikut:
  • Transistor NPN               2 buah
  • Resistor 330 Ohm           2 buah
  • Resistor 10K Ohm          2 buah
  • Capacitor Polar 22uF      2 buah
  • Led                                 2 buah
  • Power Supply                 2 buah
Kemudian komponen komponen tersebut disusun menjadi rangkaian seperti berikut:


















Rangkaian tersebut akan menyalakan kedua led secara bergantian (alternate). Frekuensi detak nyala led ini dipengaruhi oleh nilai resistor dan kapasitor ( untuk rumus frekuensi penulis belum menemukan ). Rangkaian ini dapat digunakan sebagai pembangkit detak / clock sederhana ( bisa juga digunakan dalam beam robot).

Download :
Simulasi (Proteus) --- klik disini

1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women live 10 years more and weigh on average 19 kilos less than we do.

    (And by the way, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING related to "HOW" they eat.)

    BTW, I said "HOW", not "what"...

    Click this link to see if this short quiz can help you discover your true weight loss possibilities

    BalasHapus