Jumat, 04 Juni 2010

Mengenal mikrokontroler PIC

















Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) adalah jenis mikrokontroler yang ada dipasar dan buatan microchip ,inc. untuk mengontrol alat disekelilingnya, sehingga mengurangi beban cpu utama.
PIC sama seperti CPU, memiliki fungsikalkulasi dan memori serta dikendalikan oleh software (perangkat lunak). Bagaimanapun, PIC memiliki kapasitas memori yang kecil, tergantung dari jenis PICmicro-nya. Frekuensi kerja maksimum clock untuk mikrokontroler PIC adalah mencapai 20MHz dan kapasitas memori (untuk menulis dan mengisi program) adalah sekitar 1K sampai 4K. Frekuensi ini akan mempengaruhi kecepatan membaca suatu program dan sebuah instruksi dieksekusi atau dijalankan.
Mikrokontroler PIC merupakan mikrokontroler dengan arsitektur RISC (Reduce Instruction Set Compute) 8 bit. Konsep arsitekture mikrokontroler PIC ini hampair sama dengan mikrokontroler AVR buatan ATMEL. Mikrokontroler sangat terkenal, terutama dinegara-negara eropa. Untuk Asia, PICmicro mulai terkenal karena memiliki beberapa kemampuan yang tidak dimiliki mikrokontroler lain.
Keluarga mikrokontroler PICmicro tergolong lengkap. Microchip, inc. telah membuat mulai dari mikrokontroler berkaki 8 sampai 40 dengan fitur yang berbeda beda atara PIC satu dengan yang lain. Produk mikrokontroler dari microchip, inc. memiliki beberapa tipe ROM (Read Only Memori) internal berbeda yang dipakai, ada yang menggunakan EEPROM (Electrically Erasaseble Programmable Read Only Memori), OTP (On time Programmable) maupun flash memori. Salah satu jenis mikrokontroler PIC adalah jenis PIC 16F84

4 komentar:

  1. t-makasih atas materinya ! saya minta izin copy buat bahan makalah ya..!

    BalasHapus
  2. Mantaps gan, nice artikel.. ikut berkontrobusi gan, buat yang lg butuh tambahan referensi mampir juga dimari

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/mengenal-mikrokontrol-tertutup.html

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/mengenal-microcontroller-dan-flip-flop.html

    thanks.

    BalasHapus
  3. Sangat berguna buat bahan kuliah makasih

    BalasHapus