Kamis, 24 Juni 2010

Mengukur suhu dengan LM 35



Lm 35 adalah salah satu sensor suhu yang mudah didapatkan dan cukup murah (11 Rb). Sensor yang saya gunakan berbentuk seperti ini:



sensor jenis ini memiliki keluaran langsung kedalam bentuk tegangan. menurut data sheet Sensor ini dapat mendeteksi suhu -55 c sampai 150 c. Sensor ini memiliki skala keluaran sebesar 10mV/C,

Pada suhu +150 C outputnya +1500mV
Pada suhu +25 C outputnya +250mV
Pada suhu -55 C outputnya -550mV

Untuk membuat termometer digital menggunakan lm35 ini rangkaiannya adalah sebagai berikut.

Hal yang terpenting dalam proses pembacaan data dari sensor adalah kalibrasi. Karena (red-menurut datasheet) lm35 sudah terkalibrasi dalam celcius maka, untuk mendapatkan suhu tinggal dihitung saja tegangan outputnya dengan pin adc. Dalam program ditulis dengan sintak

Config Adc = Single , Prescaler = Auto , Reference = Avcc ; konfigurasi ADC
Start Adc ;mulai ADC


Dataadc = Getadc(0) ; simpan data adc
Suhu = Dataadc / 1023 ;
Suhu = Suhu * 5 ;membaca tegangan dari Lm35
Suhu = Suhu * 100 ;konvert menjadi suhu
Outsuhu = Fusing(suhu , "#.##") :dua angka belakang koma

maksud sintak diatas adalah membuat rumus untuk mencari tegangan output dari Lm35:

tegangan lm35 = (dataadc /1023(skala ADC ATMEGA 16))*5 volt (tegangan referensi)

kemudian tegangan output dari hasil perhitungan tesebut diubah menjadi tegangan, ingat skala output lm 35 adalah 10mV/C jadi untuk mengubah tegangan output menjadi suhu adalah:

suhu = tegangan lm35 / 10mV ======> suhu = tegangan lm35 *100

kemudian untuk mematasi angka dibelakang koma menggunakan sintak fusing

Outsuhu = Fusing(suhu , "#.##")

Berikut sintak lengkap programnya

setelah itu donlot program ke rangkaian, jadi deh termometer digital, trust me it work....

wasalam






18 komentar:

  1. Sing pake bahasa c ada nga'. Q nda biasa pake bascom. dah ngoyot pake CVAVR. Bales ke email b4rk4h@hackermail.com. Q tggu dan tetep semangat!!!

    BalasHapus
  2. untuk mas barkah emailnya dah saya kirimkan

    BalasHapus
  3. mas prima, materinya bagus juga tapi seperti mas barkah, saya masih amatir bahkan belum begitu mengenal bahasa program C. masih latihan tapi pake Code vision AVR. bisa kirimkan source codenya ke email saya asterosi04@gmail.com.
    oh ya jika boleh minta penjelasan konversi angka dibelakang koma caranya gmn?

    BalasHapus
  4. Config Adc = Single , Prescaler = Auto , Reference = Avcc

    Start Adc

    (?)--> di Atmega16, pin AVCC disambung ke 5Volt nda?


    mas prima, kaki lm35 disambung kemana aja?
    1 ke (ADC7) p7
    2 ke VCC 5Volt
    3 ke GND? tapi ada tulisan 5V pada gambar?

    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  5. mana nie mas prima?
    update dong...

    BalasHapus
  6. @ asterosi SC dan simulatornya sudah saya kirimkan ke email anda, maaf balasnya lama
    @ novan ya betul disambung ke 5 VOlt kalo nggak ADCnya gak bisa jalan.maaf gambar simulaornya nggak lengkap, nanti saya revisi, terimakasih koreksinya.
    tentang LM35
    1. pin satu ke p7 (adc7)
    2. Pin dua ke VCC 5 Volt
    3. pin tiga ke GND
    konfigurasi diatas bardasarkan bentuk fisik LM35 nya. bukan bentuk di simulatornya
    @ anomin maaf mas dah lama gak blogging akhir akhir nie baru ngrurus kuliah.

    BalasHapus
  7. @ asterosi: oya ada tambahan mengenai konversi angka belakang koma yaitu dengan menggunakan sintak

    Outsuhu = Fusing(suhu , "#.##")

    dengan sintak tersebut maka hanya akan ada 2 angka dibelakang koma.

    BalasHapus
  8. @ asterosi oya untuk masalah konversi angka dibelakang koma menggunakan sintak

    Outsuhu = Fusing(suhu , "#.##")

    dengan sintak tersebut maka hanya akan terdapat dua angka dibelakang koma.

    BalasHapus
  9. terimakasih mas penjelasannya,simulasinya pk proteus ya?
    versi brp mas?
    mas prima kuliah dimana?
    sebaiknya kalau ada yang minta source code, skema, sebaikya mas buatkan link download aja biar yang lain bisa ikut mencoba berkreasi

    BalasHapus
  10. Ya betul pake proteus, karena saya biasa pake proteus. punya saya yang versi 7, untuk saat ini saya kuliah di its(tadinya di UGM), oya saran yang bagus nanti akan saya usahakan.

    BalasHapus
  11. mas blh minta sintak program bahasa c nya mas? kebetulan saya belum terlalu paham tentang pemogramannya, jd hrs liat contoh, klo ada tlng kirim ke ezha_1901@yahoo.com maaf mas merepotkan, terima kasih.

    BalasHapus
  12. mas boleh donk dibagi ilmunya tentang aplikasi di atas yang menggunakan bahasa c.........

    klo bisa tolong dikirim ke Probo_AA@yahoo.com

    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  13. mas wi og format skript e bas. bedone baskom mbi avr opo mas???

    BalasHapus
  14. tolong donk simulasi dan sintax programnya yang pake bahasa c. tolong kirim ke email saya ya. :) niamaulida89@gmail.com

    BalasHapus
  15. juga mau dong mas, yang pakai bahasa C,soalnya saya newbie dan baru belajar pakai CVAVR,.|
    email saya RandyRianto@gmail.com
    trima kasih

    BalasHapus
  16. blh minta bahasa c nya sekalian rangkaiannya??

    email

    fungkyking01@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  17. Mas, punya gambar rangkaian sederhana untuk praktek mengukur suhu menggunakan LM35??? gak perlu pake mikro mas, rangkaian biaasa aja.
    :Mohon Bantuannya:

    BalasHapus
  18. agan prima ane minta tolong banget, ane dapet tugas kuliah. email agan prima apa? balas di email ane boimgocil@gmail.com

    BalasHapus