Jumat, 04 Juni 2010

Perbedaan transistor NPN dan PNP











Transistor adalah salah komponen elektronik yang berperan penting dalam perkembangan teknologi, tanpa transistor komputer tidak mungkin diciptakan, dan tanpa transistor pula mungkin radio masih sebesar meja.
Transistor memiliki 3 buah kaki atau pin yaitu: Collector (C), Emitter (E) dan Basis (B). Posisi kaki-kaki ini berbeda antara transistor satu dengan yang lain walaupun ada juga yang sama.

Transistor secara umum dibagi menjadi 2 macam yaitu PNP dan NPN

>>Tansistor NPN









Prinsip kerja dari transistor NPN adalah: arus akan mengalir dari kolektor ke emitor jika basisnya dihubungkan ke ground (negatif). Arus yang mengalir dari basis harus lebih kecil daripada arus yang mengalir dari kolektor ke emitor, oleh sebab itu maka ada baiknya jika pada pin basis dipasang sebuah resistor.

>>Tansistor PNP










Prinsip kerja dari transistor PNP adalah arus akan mengalir dari emitter menuju ke kolektor jika pada pin basis dihubungkan ke sumber tegangan ( diberi logika 1). Arus yang mengalir ke basis harus lebih kecil daripada arus yang mengalir dari emitor ke kolektor, oleh sebab itu maka ada baiknya jika pada pin basis dipasang sebuah resistor.

Transistor memiliki kode-kode untuk setiap jenisnya. Kode standart transistor dapat dilihat dibawah ini:

1. 2SAXXXX menunjukkan transistor jenis PNP bertipe frekuensi tinggi.
2. 2SBXXXX menunjukkan transistor jenis PNP bertipe frekuensi rendah.
3. 2SCXXXX menunjukkan transistor jenis NPN bertipe frekuensi tinggi.
4. 2SDXXXX menunjukkan transistor jenis NPN bertipe frekuensi rendah.

salam damai.







15 komentar:

  1. cer nek bedane NPN ro PNP opo....???
    sorii aq rung jelas..
    tulung balesss..cpt

    BalasHapus
  2. Thx untuk artikelnya

    BalasHapus
  3. maaf gan, informasinya salah.

    harusnya transistor PNP akan mengalir arus dari C ke E jika basis diberi ground (aktif Low)

    sedangkan NPN akan mengalirkan arus dari C ke E jika basis diberi tegangan positif (Aktif High)

    begitu.... dan mohon di ralat atas kesalahan informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kamu yg salah bos

      npn= c ke E

      pnp= E ke c

      Hapus
    2. iya gan ane praktekin transistor sebagai sakelar, pnp basis nya dihubung ke gnd, baru lednya nyala. begitu juga dengan npn basisnya dihubung ke +v, untuk mengalirkan arus C ke E atau dari E ke C.
      jadi kesimpulan ane sperti itu gan.

      gak tau kalau untuk penggunaan lainnya, maaf n mohon dikoreksi jika saya salah.
      terimakasih.

      Hapus
    3. dimana2 yang namanya pnp itu basis dapat negatif mas habib..dan npn basis dapat positif.. dan arus selalu mengalir dari colectorke emitor

      Hapus
    4. Sobb sebenarnya yang mana sih yang btul cara kerja pnp & npn

      Hapus
    5. informasinya salah mas
      ini bisa menyesatkan orang banyak
      mohon segera diralat

      Hapus
  4. Nice info gan

    berbacarito.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Ane jadi bingung kalau banyak paham kayak gini sebagai orang yang baru mengerti pnp & npn pada transistor,
    Sebenarnya yang mana sih cara kerja yang betul pada transistor. Haaaa

    BalasHapus
  6. gak begitu mengrti. Tpi kalo dah pegang multitester ngerti. Kalo teori aja aku rasa rumit langsung praktek aja mas brow. Salam knal.

    BalasHapus
  7. Wah, ini gimana yang betul ya mas?

    BalasHapus
  8. aduhhh ndi sing bener kyexx

    BalasHapus